Fungsi Kode Pada Struktur Program C++

HELLO FLEN - Pada artikel ini saya kan menjelaskan Fungsi Kode Pada Struktur Program C++. Sebelum mengerjakan program, alangkah baiknya kita pelajari terlebih dahulu struktur kode pada C++, karena apabila kita sudah memahaminya tentu pada saat mengerjakan pun akan tau apa fungsi tersebut ketika memulai pembuatan program. Nah dibawah ini adalah beberapa kode yang harus kalian ketahui mengenai Fungsi Kode Pada Struktur Program C++ ,karena kode dibawah ini akan selalu muncul setiap saat mengerjakan program.


Fungsi Kode Pada Struktur Program C++ - www.helloflen.com


Berikut penjelasan fungsi kode pada struktur program:


#include
<file-header> merupakan preprocessor pada C++ untuk pemanggilan file header yang memuat beberapa perintah-perintah dari C++ (contoh, apabila ingin menggunakan perintah cout maka harus menggunakan file header iostream.h).

main()
Merupakan awal mula dari blok program utama.

{ }
Sebagai punctuator yang awal blok program hingga akhir blok program.

getch();
Apabila ditempatkan sebelum funtuator }, maka berfungsi sebagai penahan dari tampilan hasil.

printf()
Merupakan fungsi keluaran yang paling umum digunakan untuk menampilkan informasi kelayar.

cout
Merupakan sebuah objeck didalam Borland C++ digunakan untuk menampilkan suatu data kelayar. Sesudah cout biasanya pakai <<, untuk menggunakan fungsi cout ini, harus menyertakan file header iostream.h.

endl
Merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menyisipkan karakter NewLine atau mengatur pindah baris. Fungsi ini sangat berguna untuk piranti keluaran berupa file di disk. File header yang harus disertakan adalah file header iostream.h . Sebelum pakai endl pakai dulu << sama seperti cout namun endl sebelum.

scanf()
Digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data.

gets()
Digunakan untuk memasukkan data string.

cin
Merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untulk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin ini, harus menyertakan file header iostream.h . , cin sama dengan cout namun kebalikannya, yaitu pakai >> sesudah menuliskan cin.

clrscr()
Digunakan untuk membersihkan perintah sebelumnya pada layar.

strcmp
Untuk membandingkan string yang pertama dengan string yang kedua. Hasil dari fungsi strcmp ini bertipe data integer (int). Hasil berupa int negative (str1 kurang dari str2), nol (str1=str2), positif (str1 lebih dari str2). Pada fungsi strcmp harus disertakan file header string.h.

strupr
Untuk mengkonversi setiap huruf pada suatu string menjadi huruf kapital.

goto
Untuk membuat lompatan dalam program, jadi maksud tujuan dari lompatan tersebut di identifikasikan dengan label, label merupakan suatu identifier yang di ikuti dengan tanda titik dua (:) yang berisikan argumen-argumen.

exit
Dilihat dari namanya pasti Anda tahu apa fungsi exit ini. Fungsi exit atau exit(0); ini merupakan fungsi untuk menutup jendela program, namun harus diingatkan bila menggunakan fungsi exit pada file header harus disertakan stdlib.h.

Sekian penjelasan tentang Fungsi Kode Pada Struktur Program C++ dari saya flen. Sebelumnya, ada tips dari saya, jangan pernah menghafalkan kode pemrograman, "lebih baik Anda mengingat daripada Anda menghafalkan" karena kode itu tidak seperti matematika. Semoga bermanfaat tipsnya dan membantu Anda untuk belajar pemrograman.

Klik untuk berkomentar