Cara Mengganti atau Menambahkan RAM Pada Laptop

HELLO FLEN - Pada techno kali ini, saya akan memberikan informasi untuk Anda mengenai Cara Mengganti atau Menambahkan RAM Pada Laptop. Perlu Anda ketahui, sebenarnya RAM pada laptop bisa ditambahkan atau diganti sesuai kebutuhan Anda, akan tetapi ada ketentuan tertentu mengenai hal tersebut. Sedikit penjelasan, RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika laptop dimatikan.

Cara Mengganti atau Menambahkan RAM Pada Laptop - www.helloflen.com

Ketentuan yang harus Anda ketahui diantaranya:

  1. Tentang maksimal memori yang bisa digunakan atau dibaca, maksudnya adalah berapa maksimal laptop Anda bisa membaca memory RAM. Jika maksimal terbaca hanya 8 GB, maka kalau Anda memasang RAM 16 GB pun yang terbaca atau terpakai hanya 8 GB (bisa dilihat dispesifikasi laptop, biasanya ada bacaan Up to berarti hanya bisa sampai sedemikian).
  2. Tipe memori yang mendukung processor, maksudnya adalah kecepatan maksimal dari RAM yang ditentukan adalah DDR1, DDR2, atau DDR3. Selalu ada pertanyaan mengenai bagaimana caranya tahu kecepatan RAM itu berapa? Dalam pasaran RAM yang sudah di edarkan, Anda akan menjumpai beragam tipe RAM DDR3 yaitu PC8500, PC10600, PC12800, PC15000.
  3. Dukungan channel pada processor laptop, maksudnya adalah laptop Anda bisa membaca RAM Single Channel, Dual Channel, atau Tripple Channel. Kalau terdapat Single Channel, hanya dapat di ganti dengan yang lebih besar.

Berikut dibawah ini daftar spesifikasi RAM:

Cara Mengganti atau Menambahkan RAM Pada Laptop - www.helloflen.com

Membeli RAM baru namun berbeda merk tidak akan apa-apa, tapi dengan catatan tipe yang sama. Dengan demikian, otomatis RAM yang baru juga mempunyai kecepatan yang sama. Sering kali ada pertanyaan seperti berikut, "Apakah bisa bila menambahkan RAM dengan kapasitas yang berbeda pada kedua slot, misalkan slot 1 dipasang 1 GB dan slot 2 dipasang 2 GB?", jawabannya adalah tentu sangat bisa, asalkan RAM yang baru atau yang ditambahkan memiliki tipe, seri dan bandwidth yang sama dengan RAM yang lama. Bila Anda sudah paham apa yang sudah saya jelaskan, langkah selanjutnya berikut dibawah ini Cara Mengganti atau Menambahkan RAM Pada Laptop:

  1. Cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop (termasuk lepas baterai laptop).
  2. Buka penutup RAM pada bagian bawah laptop tepatnya dekat dengan tempat baterai (setiap laptop memiliki tempat yang berbeda-beda).
  3. Jika sudah terbuka, maka akan terlihat ada kepingan RAM bawaan laptop yang terpasang pada slot, selanjutnya tinggal pasang RAM yang ingin ditambahkan atau diganti.
  4. Setelah terpasang, silakan tutup kembali RAM seperti semula, dan nyalakan kembali laptop seperti biasa, karena penambahan atau penggantian RAM tidak ada proses instalasi apapun.
  5. Cek RAM yang sudah Anda ganti dan dipasang kembali apakah sudah bertambah atau belum, untuk mengeceknya bisa Anda buka dengan menekan "Logo windows + R" atau "Start, klik kanan Computer lalu pilih Properties".

Perlu diingatkan, pada saat akan mengganti RAM, tentunya harus sesuai dengan batas maksimum besar memory yang bisa tertanam. Percuma kalau memasang RAM yang besar akan tetapi memory yang terpakai (memory usage) hanya sebagian saja. Sekian informasi techno tentang Cara Mengganti atau Menambahkan RAM Pada Laptop, semoga bermanfaat untuk Anda.

Klik untuk berkomentar