Pengertian Jenis Motherboard ATX Advance Technology Extended

HELLO FLEN - Pada techno kali ini, saya akan memberikan informasi tentang seputaran motherboard. Motherboard terdapat beberapa jenis dan memiliki fungsi utama serta informasi yang akan saya bahas disini, yakni mengenai Pengertian Jenis Motherboard ATX Advance Technology Extended. Motherboard merupakan sejenis Printed Circuit Board atau bisa disebut PCB, yakni sebagai papan elektronik standar yang biasa digunakan dalam sistem elektronika.

Pengertian Jenis Motherboard ATX Advance Technology Extended - www.helloflen.com

Motherboard terdiri dari berbagai macam socket dan juga slot, seperti slot SATA, PCI, Socket LAN, serta berbagai macam jenis socket lainnya. Selain itu, motherboard pada dasarnya memiliki fungsi utama, yaitu sebagai tempat disusunnya seluruh rangkaian sistem komputer, seperti Processor, Chipset, RAM, Harddisk, VGA, LAN Card, socket-socket lainnya dan juga slot dari sebuah komputer serta motherboard sendiri memiliki berbagai macam jenis.

Semua jenis motherboard tersebut, pada umumnya dibedakan atas berdasarkan Form Factor, alias ukuran dari motherboard itu sendiri. Tentu saja tidak semua komputer membutuhkan ukuran form factor motherboard yang sama. Berikut ini adalah jenis dari motherboard berdasarkan form factor yang yang dimilikinya:


Motherboard ATX (Advance Technology Extended)

ATX merupakan kepanjangan dari Advance Technology Extended. Motherboard ATX ini merupakan pengembangan dari jenis motherboard sebelumnya, yaitu AT / AT Baby yang memiliki terdapat banyak kekurangan. Motherboard ATX saat ini merupakan salah satu jenis motherboard standar yang banyak digunakan pada komputer di dunia.

Jenis dari ATX
Motherboard jenis ATX sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan ukurannya. Berikut ini adalah beberapa jenis dari motherboard ATX:

  1. Standard ATX
    Jenis ini merupakan jenis motherboard ATX standard, yang banyak digunakan untuk komputer maupun laptop. Motherboard jenis Standard ATX ini memiliki ukuran panjang 305 mm dan lebar 244 mm. Motherboard standard ATX memiliki AGP konektor dan juga PCI connector.

  2. Micro ATX
    Motherboard dengan jenis Micro ATX ini memiliki bentuk micro, alias kecil apabila dibandingkan dengan form factor ATX Standard dan form factor ATX lainnya. Ukuran dari motherboard Micro ATX ini adalah sebesar 244 mm x 244 mm. Micro ATX juga terbilang salah satu jenis motherboard ATX yang paling ekonomis dan murah.

  3. Flex ATX
    Jenis ini merupakan pengembangan dari motherboard micro ATX. Flex ATX menawarkan fleksibilitas dalam merancang komputer, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Flex ATX memiliki 2 PCI connector.

  4. Mini ATX
    Jenis ini memiliik ukuran yang relatif kecil, mirip seperti mirco PCX. Ukuran dari motherboard Mini ATX ini adalah 284 mm untuk panjangnya, dan 208 mm untuk lebarnya. Motherboard mini ATX saat ini banyak digunakan untuk keperluan PC ukuran kecil, dan juga keperluan netbook kecil.

Sekian informasi techno mengenai tentang Pengertian Jenis Motherboard ATX Advance Technology Extended, semoga bisa dapat membantu Anda yang sedang mencari tau jenis-jenis motherboard serta motherboard mana yang cocok untuk Anda.

Klik untuk berkomentar