14 May 2017

Cara Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry Pengguna Avast

Hello flen, ditutorial blogging kali ini saya akan memberikan tentang Cara Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry Pengguna Avast. Sedikit melenceng dari pembahasan tutorial blogging, namun harus anda ketahui bahwa virus ini kini tengah mewabah diseluruh dunia dan negara kitapun Indonesia terimbas oleh virus tersebut.

Kenapa artikel ini dibuat pada tutorial blogging? Karena, cara bekerja virus ini Pertama, ransomware melumpuhkan sistem komputer dengan cara mematikan sejumlah tools dan program yang terdapat di registry. Kedua, ransomware akan melumpuhkan keyboard dan mouse, dan hanya membiarkan pad nomor aktif. Ketiga, ransomware akan mengunduh serta menampilkan pesan peringatan, yang isinya mengaku-ngaku sebagai penegak hukum. Keempat, pesan peringatan tersebut menyatakan bahwa si pengguna telah diketahui mengakses konten ilegal di internet, sehingga si pengguna harus membayar sejumlah uang dan uangnya itu adalah Bitcoin, agar bisa mengakses komputernya kembali. Nah jadi ini juga bisa berpengaruh di dunia blogging, karena buat anda yang mempunyai data penting pada blog anda, maka anda harus mewaspadai virus ini.

Sedikit penjelasan mengenai apa itu Ransomware Wanna Cry? Ransomware adalah perangkat lunak perusak yang mengenkripsi file di komputer atau perangkat seluler yang terinfeksi. Virus ini mengunci komputer dan mencegah si pengguna mengakses file, dokumen dan gambar sampai harus melakukan pembayaran. Komputer biasanya terinfeksi saat pengguna membuka tautan atau lampiran email dari pesan email berbahaya. Dikenal sebagai email phishing, pesan sering dikirim dari akun email yang disamarkan. Tujuannya, agar terlihat seperti berasal dari entitas yang dikenal atau dapat dipercaya. Hacker sendiri dapat menanam malware di situs web.

Langsung saja flen kita ke Cara Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry Pengguna Avast, yaitu berikut dibawah ini:

Update Anti Virus Secara Rutin

Hal ini merupakan yang sangat penting dan juga hal ini sendiri suka di lalaikan oleh para pengguna komputer. Saya sendiri sebagai pengguna komputer dan mempunyai anti virus, suka melalaikan yang namanya “Update” namun sewaktu mengetahui adanya virus Ransomware Wanna Cry yang sedang mewabah juga virus tersebut sudah diperingatkan oleh KEMKOMINFO, saya langsung menelusuri cara pencegahan untuk virus tersebut. Sewaktu sedang melakukan penelusuran, saya mendapatkan caranya yaitu dengan cara ”Mengupdate secara rutin anti virus”. Disini saya menggunakan anti virus Avast, untuk anti virus lainnya, kemungkinan sama. Berikut cara mengupdate di anti virus Avast:

-Buka aplikasi Avast anda.
-Terdapat 2 menu untuk mengupdate, untuk pengupdatean program mungkin tidak terlalu penting, yang terpenting update secara rutin definisi virusnya dengan memilih pembaruan otomatis.
-Samakan dengan gambar dibawah ini

harus diusahakan terhubung ke internet setiap hari, saya sendiri memaksakan terhubung ke internet setiap hari memakai tathering smartphone

helloflen


Sekian flen pembahasan mengenai Cara Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry Pengguna Avast, semoga  bisa membantu anda para blogger serta pengguna komputer yang mempunyai data penting dikomputernya. Perlu diingatkan kembali, harap setiap hari terhubung keinternet supaya definisi virus yang telah saya sampaikan tadi dapat diupdate secara rutin sehingga definisi virus yang terbaru dapat mencegah virus tersebut.

Memberikan informasi yang terbaik, akurat dan bermanfaat untuk kita semua, salam blogger.

Tambahkan Komentar Anda
EmoticonEmoticon