Cara Memasang Iklan Adsense di Posisi Tengah Artikel Blog

HELLO FLEN - Penempatan iklan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena bila penempatan iklan kurang cocok, maka pengunjung pun akan mengabaikan iklan tersebut sehingga iklan yang Anda tempatkan tidak akan dilirik oleh pengunjung. Nah pada artikel blogging kali ini, saya akan memberikan tutorial mengenai Cara Memasang Iklan Adsense di Posisi Tengah Artikel Blog. Banyak titik-titik tertentu yang bisa Anda pilih untuk meletakan iklan Adsense yang Anda miliki, namun lokasi terbaik yang dianggap strategis tentu saja lokasi yang memungkinkan banyak mendapat perhatian lirikan dari pengunjung blog.

Cara Memasang Iklan Adsense di Posisi Tengah Artikel Blog - www.helloflen.com

Dibawah ini ada beberapa lokasi yang dapat bisa Anda pilih untuk meletakan iklan Adsense yang memungkinkan dianggap dapat mendapatkan banyak perhatian dari pengunjung, adalah sebagai berikut:

  • Pada bagian atas tepat di samping kiri artikel setelah judul.
  • Pada bawah setelah artikel berakhir.
  • Pada sidebar baik sisi kiri maupun kanan.

Lokasi tersebut merupakan beberapa lokasi strategis yang dianggap memiliki potensi jumlah klik tinggi, selain lokasi diatas ternyata ada satu lagi lokasi yang juga dianggap cukup strategis, yakni meletakan iklan pada posisi tengah artikel blog, sehingga iklan Adsense akan mudah terlihat ketika para pengunjung blog membaca artikel yang dipasangi iklan Adsense tersebut. Ada dua cara yang bisa Anda pilih ketika Anda memutuskan untuk meletakan kode unit iklan Adsense pada blog yang Anda miliki, untuk cara pertama bisa melalui widget, dan untuk cara kedua bisa Anda langsung tempelkan kode unit iklan pada template blog.


Cara Memasang Iklan Adsense di Posisi Tengah Artikel Blog

Pada langkah ini, sepertinya Anda tidak bisa menggunakan fitur widget yang terdapat pada blogger, dikarenakan widget pada umumnya tidak bisa dipasang pada area artikel apalagi pada posisi tengah artikel. Oleh karena itu, agar kode iklan Adsense bisa muncul pada tengah-tengah artikel postingan, Anda harus meletakan kode unit iklan Adsense pada kode template yang terdapat pada fitur blogger. Sebelum menempatkan kode unit iklan Adsense kedalam editor template, kode tersebut harus Anda parse terlebih dahulu sehingga memudahkan agar kode tersebut dapat diterima serta ditempelkan kedalam editor template. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke akun Google Adsense Anda.
  2. Buat unit iklan Adsense yang ingin Anda gunakan dan salin kode tersebut.
  3. Masuk ke situs Blogcrowds, lalu letakan kode unit iklan Adsense yang sudah Anda salin disana kemudian parse. Note: untuk sementara waktu biarkan hasil parse kode unit Adsense terparkir disana dan buka tab baru.
  4. Masuk ke akun Blogger Anda.
  5. Pada bilah menu sisi kiri, silahkan Anda pilih menu "Template" kemudian tekan tombol "Edit HTML" untuk menampilkan kode editor template blog.
  6. Pada tampilan editor template, silahkan gunakan CTRL + F, kemudian cari kode <data:post.body/>. Note: Anda akan menemukan lebih dari satu kode diatas, silahkan pilih salah satu yang benar-benar menampilkan iklan pada tengah postingan artikel Anda,
  7. Ganti kode <data:post.body/> tersebut dengan kode dibawah ini:

  8. <div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
    <div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
    <center>
    --Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
    </center>
    </div>
    <div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
    <script type='text/javascript'>
    var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
    var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
    var s=obj1.innerHTML;
    var t=s.substr(0,s.length/2);
    var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
    if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
    </script>
    

  9. Kembali ke situs sebelumnya "langkah ketiga", salin kode hasil parse dari sana, kemudian silahkan ganti kode diatas pada tulisan "--Letakan kode unit Adsense hasil parse disini--" dengan kode unit iklan Adsense hasil parse dari situs Blogcrowds.
  10. Jika sudah selesai, jangan lupa simpan template Anda. Sampai tahap ini berarti Anda sudah berhasil meletakan kode unit iklan adsense Anda pada tengah-tengah artikel postingan blog yang Anda buat.

Dengan demikian, pada kode tersebut dapat merubah posisi iklan Anda serta bisa memodifikasi angka yang sudah saya tandai dengan huruf tebal dan cetak miring. Untuk meletakan Iklan di tengah-tengah pada sepertiga postingan blog, silahkan Anda ganti angka "2" yang cetak miring diatas dengan angka "3" dan untuk meletakan iklan Adsense pada seperempat postingan, silahkan Anda ganti angka "2" diatas dengan angka "4". Semakin besar angka yang Anda masukan, maka posisi unit iklan Adsense akan semakin ke atas. Sekian tutorial blogging tentang Cara Memasang Iklan Adsense di Posisi Tengah Artikel Blog, semoga bermanfaat.

Klik untuk berkomentar