Coding Konsep Array Multidimensi Pada Java Netbeans

HELLO FLEN - Pada pemrograman kali ini, saya akan membahas mengenai Coding Konsep Array Multidimensi Pada Java Netbeans. Konsep array kali ini, saya menggunakan perintah multidimensi. Sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat mengenai array, Array adalah objek yang dapat digunakan untuk menyimpan sejumlah data. Elemen yang disimpan pada array dapat berupa tipe primitif (int, float, etc) atau objek (instan dari class). Langkah menciptakan array:

  1. Mendeklarasikan variabel array 
  2. Menciptakan objek array

Mengenai array multidimensi ini, secara sederhananya Array Multidimensi dapat diartikan sebagai array yang terdapat di dalam array, dengan konsep pengaksesan [noBaris][noKolom]. Pada dasarnya pendeklarasian array multidimensi ini sama saja dengan cara pendeklarasian array satu dimensi, caranya dengan menambahkan tanda [ ] sesuai dengan dimensi yang kita inginkan.

Setelah memahani apa itu Array dan Array Multidimensi serta fungsinya, berikut dibawah ini langkah-langkah Coding Konsep Array Multidimensi Pada Java Netbeans:

Pertama

Buka Aplikasi Netbeans IDE anda, lalu klik file > new project > java > java application > next > ganti project name sesuai kemauan anda, misal: Array > hapus centang pada create main class > finish.

Kedua

Akan muncul menu pada sebelah kiri dan ada project anda lalu akan ada “Source Package”, klik kanan source package > new > java package > ubah nama Package sesuai kemauan anda, misal: DasarJava (jangan pake spasi) > finish.

Ketiga

Buat class dengan klik kanan DasarJava > new > karena disini saya menggunakan sebuah kota dalam inputan, isikan Class Name dengan misal: ArrayMultidimensi > Package “DasarJava” > finish.

Keempat

Masukan Coding ini pada class ArrayMultidimensi:

public class ArrayMultidimensi {
    public static void main(String[]args){
        String[][]nama={
            {"Selamat ","Di ","HELLO "},
            {"Datang","Blog","FLEN"}

        };
        System.out.println(nama[0][0]+nama[1][0]);
        System.out.println(nama[0][1]+nama[1][1]);
        System.out.println(nama[0][2]+nama[1][2]);
    }
}

Untuk menjalankannya, anda tinggal mengklik kanan ArrayMultidimensi pada DasarJava > compile file > run file, lalu hasil outputnya akan seperti dibawah ini:

Konsep Array Multidimensi - www.helloflen.com

Sekian artikel mengenai pemrograman Coding Konsep Array Multidimensi Pada Java Netbeans, semoga bisa dapat membantu anda dan bermanfaat bagi anda pada saat melakukan pengerjaan tugas atau belajar tentang mengenai java.

Memberikan informasi yang terbaik, akurat dan bermanfaat untuk kita semua, salam blogger.

Tambahkan Komentar Anda
EmoticonEmoticon